Dalam rangka mewujudkan cita-cita mencerdaskan
kehidupan bangsa dan visi
Kemdikbud 2025 untuk ‘menghasilkan Insan Indonesia
Cerdas dan Kompetitif (Insan
Kamil/Insan Paripurna)’, tema pembangunan
pendidikan nasional 2015-2019
difokuskan pada daya saing regional pendidikan dan
kebudayaan.
Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan (Renstra Kemdikbud)
2015-2019, menjabarkan bahwa sejalan dengan fokus
tersebut, visi Kemdikbud 2019
adalah ‘Terbentuknya Insan serta Ekosistem
Pendidikan dan Kebudayaan yang
Berkarakter dengan Berlandaskan Gotong Royong”.
Untuk mencapai visi Kemdikbud
2019, misi Kemdikbud 2015-2019 dikemas dalam Misi:
Mewujudkan Pelaku
Pendidikan dan Kebudayaan yang Kuat (M1);
Mewujudkan Akses yang Meluas,
Merata, dan Berkeadilan (M2); Mewujudkan
Pembelajaran yang Bermutu (M3);
Mewujudkan Pelestarian Kebudayaan dan Pengembangan
Bahasa (M4); dan
Mewujudkan Penguatan Tata Kelola serta Peningkatan
Efektivitas Birokrasi dan
Pelibatan Publik (M5).
Tujuan strategis telah dirumuskan berdasarkan
jenjang layanan pendidikan dan
sistem tata kelola yang diperlukan untuk
menghasilkan layanan prima pendidikan
sebagaimana dikehendaki dalam rumusan visi dengan
memperhatikan rumusan
misi. Salah satu tujuan strategis untuk mencapai
visi-misi Kemendiknas 2015-2019
adalah Penguatan Peran Siswa, Guru, Tenaga
Kependidikan, Orang tua, dan
Aparatur Institusi Pendidikan dalam Ekosistem
Pendidikan (T1), dengan sasaran
strategis berupa meningkatnya kualitas sikap guru
dan tenaga pendidikan dalam
kepribadian, spiritual dan sosial (SS3).
Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi,
peran, dan kedudukan yang
sangat penting dalam pencapaian visi kemendikbud
2015-2019. Oleh karena itu,
profesi guru harus terus dikembangkan sebagai
profesi yang bermartabat.
Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi
diperlukan sistem pembinaan dan
pengembangan keprofesian berkelanjutan guna
mendukung peran guru sebagai
guru pembelajar.
Download Buku Manual di sini
0 Response to "DOWNLOAD BUKU MANUAL GURU PEMBELAJAR MODA DARING"
Posting Komentar